Monday, 3 June 2013

GAMBARAN UMUM YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-WARIDIN

1.        Letak Geografis Pondok Pesantren Al - Waridin Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Sebagaimana gambaran geografis dari Pondok Pesantren Al-Waridin  Pagotan Geger Madiun, maka dideskripsikan sebagai berikut : Pondok Pesantren Al-Waridin  beralamatkan di jalan Jendral Sudirman No.237 Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Telp: (0351) 365947 / 367673 Kode Pos 63171 Jawa Timur.
Lokasi Pondok Pesantren Al-Waridin putri masih menyatu dengan Pondok Pesantren AL-Waridin putra, yakni disebelah selatan tempat tinggal/ndalem ( Bahasa jawa ) Pengasuh/Kyai. Sedangkan Pondok Putra disebelah utara tempat tinggal/ndalem/Kyai.
Jika hendak ke pondok Al-Waridin dari arah Madiun, dari terminal purboyo dapat memilih jalur kota Ponorogo kemudian turun di alamat tersebut diatas, atau lebih mudahnya dan lebih diketahui banyak orang minta turun saja di GUYANGAN Pagotan.
Di sekitar pondok Al-Waridin terdapat bangunan instansi-instansi, diantaranya adalah gedung sekolahan MTs/MA Tri Bhakti, Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum, Kantor Desa Pagotan, dan lain-lain. Yang kesemuanya itu terletak tidak jauh dari lokasi Pondok Pesantren Al-Waridin.

Ø Batas Wilayah Pondok Pesantren Al-Waridin Sebagai berikut:
a.    Sebelah Barat     : Desa Jogo Dayuh
b.    Sebelah Timur    : Desa Sewulan
c.    Sebelah Utara     : Desa Sangen
d.   Sebelah Selatan  : Desa Uteran

Ø Adapun Orbitasinya sebagai berikut :

a.    Dari Kecamatan              : 3 km
b.    Dari Kabupaten              : 8 km
c.     Dari Ibu Kota Propinsi : 172 km
2.        Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Al - Waridin Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Pondok Pesantren Al-Waridin berdiri pada tahun 1763 yang diprakarsai oleh Alm. Kyai Waridin dan dibantu oleh Mbah Tondo serta Mbah Ustman Ali. Alm. Kyai Waridin bergerak dibidang keagamaan, sedangkan Mbah Tondo dan Mbah Ustman Ali bergerak dibidang sosial/umum. Jadi nama pondok tersebut diambilkan langsung dari nama pendirinya, yaitu Kyai Waridin. Ketika Kyai Waridin meninggal dunia, perjuangannya  dilanjutkan oleh kyai Ahmad Asro. Pada awal berdirinya datang beberapa orang santri yang ingin belajar ilmu pengetahuan Agama Islam, semakin hari semakin banyak santri yang berdatangan sehingga timbul inisiatif untuk mendirikan pondok disekitar masjid.
Pondok Pesantren Al - Waridin adalah salah satu pondok yang tertua yang ada diwilayah kota Madiun yang masih eksis menyelenggarakan pendidikan sampai sekarang. Jumlah santri yang di asuh pada saat K.H. Musta’in berjumlah kurang lebih 200 orang. Sedangkan kondisi fisik Bangunan pada saat itu masih sangat sederhana, dan terdapat 12 kamar. Demikian perkembangan pendidikan kurang berjalan dengan lancar, dikarenakan pengaruh situasi pada saat itu. Bahkan pada tahun 1986 sempat mengalami stagnasi (yang pada saat itu diasuh oleh K.H Musta’in) yakni masa yang suram, karena pada saat itu pendidikan seakan-akan berhenti, hal tersebut terjadi dikarenakan meniggalnya pengasuh pondok pesantren (K.H Musta’in) sementara kader pengganti belum disiapkan. Dan setelah itu dilanjutkan oleh KH. Moch Hasyim sehingga pelaksanaan pendidikan kembali berjalan. Ajaran utama yang diterapkan di pondok pesantren Al - Waridin dalam upaya membentuk manusia yang berilmu, beramal dan bertaqwa harus dijiwai oleh suasana keikhlasan.
Sepi ing pamrih ( tidak karena didorong oleh keinginan memperoleh keinginan-keinginan tertentu ) semata-semata karena untuk ibadah. Hal ini meliputi segenap suasana kehidupan pondok pesantren Al - Waridin, Kyai ikhlas dalam mengajar, para santri ikhlas dalam menuntut ilmu. Segala gerak-gerik dalam pondok pesantren berjalan dalam suasana keikhlasan yang mendalam.
Dengan demikian terdapatlah suasana hidup yang harmonis antara Kyai yang disegani dan santri yang taat dan penuh cinta kasih serta hormat dengan segala keikhlasan.
Pada tahun 2000 berdirilah Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in yang menjadi pusat pelaksanaan pembelajaran dan skaligus pusat pelaksanaan pengembangan pendidikan di pondok pesantren Al Waridin.
Pada tahun 2005 KH. Hasyim Syahudi meninggal, dan kemudian diteruskan oleh KH. Ibnu Hajar Syahudi sampai sekarang ini. Berdirinya Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in dilatar belakangi adanya permintaan dari masyarakat, para wali murid serta para pengurus pondok serta para ustadz untuk mengadakan madrasah diniyah tingkat Tsanawiyah (Wustho) dan tingkat Aliyah guna menindak lanjuti madrasah diniyah ula (ibtidak) dan melalui sejarah panjang dalam pelaksanaan pendidikan khusus agama, guna membekali anak ilmu agama yang kuat dan mengakar pada anak didik sebagai manusia yang secara biologis membutuhkan pendidikan jasmani dan rohani dan untuk membentuk manusia yang seutuhnya dan mencetak genersi yang agamis  berakhlaq luhur serta memberikan fasilitas pendidikan dan membekali ilmu keagamaan (Tafaquh fiddin). Guna untuk :

a.    Membentuk anak didik yang bertaqwa.
b.    Membentuk anak didik yang berilmu dan beramal.
c.     Membentuk anak didik yang berakhlaq mulia sesuai dengan ajaran islam
d.    Membekali Siswa dengan ilmu agama dan mengaplikasikan dalam kehidupan pribadi dan sosial dengan berpedoman Al-Qur’an dan Hadits.

Adapun Susunan/urutan pengasuh pondok pesantren Al-waridin pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun mulai dari berdirinya hingga sekarang adalah sebagai berikut :

1. Kyai Waridin ( Pendiri )
2. Kyai Ahmad Asro
3. Kyai Ustman
4. Kyai Muhammad Arrowi
5. Kyai Musta’in
6. Kyai Syahudi
7. KH. Muhammad Hasyim Syahudi
8. KH. Ibnu Hajar Syahudi

3.        Visi dan Misi Pondok Pesantren Al – Waridin

Visi :
Mempersiapkan generasi islam masa depan yang berilmu, beramal, berakhlaqul karimah serta bertaqwa kepada Allah SWT. ( I’malul Haq )
Misi :
1.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara intensif dalam pendidikan yang mengacu pada kitab salaf, tradisi salafussholih.
2.    Mengembangkan pengamalan ilmiyah dan nilai-nilai agama islam dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Melaksanakan pembinaan akhlaqul karimah dan ubudiyah.


4.        Struktur Kepengurusan Pondok Pesantren Al – waridin Desa pagotan Kec. Geger Kab. Madiun Periode 2012 – 2013

Semua komponen yang memiliki wewenang dan tugas masing – masing serta saling berhubungan secara fungsional didalam pengelola pendidikan di Pondok Pesantren Al – waridin pagotan, dapat dilihat struktur personalia pengurus pondok pesantren tersebut. Untuk struktur personalia pengurus pondok pesantren Al – waridin pagotan adalah sebagai berikut:

Susunan Kepengurusan Pondok Pesantren Al – Waridin Desa Pagotan Kec. Geger Kab. Madiun Periode 2012 – 2013


Ø  PENGASUH
KH. Ibnu Hajar Syahudy
Ø  PENASEHAT
1. Muhammad Habibullah
2. Syaifuddin Al-Qulyubi
Ø  KETUA
Ahmad Munirul Hakim S.Pd.I
Ø  WAKIL KETU
Mahfudz Yudi Qomaruddin
Ø  SEKRETARIS
Ahmad Khudori
Ø  BENDAHARA
Syaikhul Amin
Ø  SIE. PENDIDIKAN
1.    A. Ulinnuha, S.Pd.I
2.    Ahmad Khoiruddin
3.    Haryo Winoto
Ø  SIE. KEBERSIHAN
1.    Anwar Cristianto
2.    Ghozali
Ø  SIE. KEAMANAN
1.    Muhammad Rifa’i
2.    Muh. Suqriyadi
3.    Syaiful Amri
          


5.        Keadaan Ustadz dan Ustadzah
Kunci dari proses pembelajaran terletak pada seorang ustadz atau guru yang merupakan uswatun hasanah (Top figur) sosok orang yang digugu dan ditiru dalam berbagai aspek anak didik dalam suatu lembaga pendididkan terutama pendidikan keagamaan. Dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Al - Waridin pada tahun pelajaran 2012 2013 dilaksanakan oleh para ustadz dan ustadzah yang berjumlah 17 pengajar, sebagaimana yang tercantum dalam tablel berikut ini :

Data Asatidz Pondok Pesantren Al Waridin Tahun Pelajaran 2012 2013

NO
Nama
Lulusan / Alumni
Bidang
1.
KH. Ibnu Hajar Syahudi
Pon-Pes Lirboyo
Tasawuf
2.
Hj. Siti Hasanah
Pon-Pes Al-waridin
Fiqih
3.
Achmad Mudrik Lutfillah.S.Pd.I
STAI Madiun
Akhlak
4.
Waridatul Muna
Pon-Pes Lirboyo
Nahwu
5.
Syaifuddin Al-Qulyubi
Pon-Pes Lirboyo
Akhlaq
6.
Muhammad Habibullah
Pon-Pes Lirboyo
Hadits
7.
Amalina Aliyah
Pon-Pes Lirboyo
Nahwu
8.
Muhammad Nasih
Pon-Pes AlWaridin
Tafsir
9.
M. Nafi’ Fuadi
Pon-Pes AlWaridin
Fiqih
10.
Baidloun Natiq
UII Madiun
Tarikh
11.
Ahmad Munirul Hakim
STAI Madiun
Nahwu
12.
Eko Wahyu Nur Handoko
STAI Madiun
Tajwid
13.
Mahfud Yudi Qomarudin
STAINU
Sorof
14.
Ahmad Khoirudin
Pon-Pes AlWaridin
Akhlak
15.
Muhammad Rifai
Pon-Pes AlWaridin
Nahwu
16.
M. Suqriyadi
Pon-Pes AlWaridin
Fiqih
17.
Haryo Winoto
Pon-Pes AlWaridin
Akhlaq

 6.        Materi dan Kurikulum
Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pndok Pesantren Al - Waridin menggunakan kitab-kitab klasik [ kutub Al - qodimah ] yang dikarang oleh ulama terdahulu atau lebih dikenal dengan sebutan kitab kuning yang merupakan kurikulum di Madrasah Diniah Hidayatul Mubtadiin Pondok Pesantren Al-Waridin. Dimana seorang guru membaca kemudian diberi makna dengan bahasa jawa sekaligus memberikan keterangan tentang kitab yang di baca tersebut. Sedang kitab-kitab tersebut membahas tentang akhlak, tauhid, fiqih, nahwu, sorof, tarikh, hadist.

Ø   Adapun kitab - ktab tersebut adalah sebagai berikut :

No.
Materi
Nama Kitab
1.
Nahwu & Sorof
Qowaidul I’lal, Qowaidus sorfiyah, Imrity, Taqrirot Alfiyah Ibnu Malik
2.
Fiqih
Mabadi’ Al-fiqhiyah, Sulam Taufiq, Fatkhul Qorib, Fatkhul Mu’in
3.
Akhlak
Washoya, Ta’lim Al Muta’alim, Irsyadul Ibad,
4.
Hadis
Arbain Nawawi,Usfuriah, Bulugul marom
5.
Tarikh
Khulasoh Nurul Yaqin, Madarijussu’ud
6.
Tauhid
Tijan Addarori, Matan Sanusiah, Kifayatul Awam

7.        Tujuan  Pendidikan dan Pengajaran Pondok Pesantren Al - Waridin
Tujuan ini merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh setiap orang yang melaksanakan pendidikan agama. Adapun tujuannya adalah : membimbing anak agar menjadi muslim sejati, beriman, teguh, beramal sholeh dan berakhlak mulia serta berguna bagi masyarakat, agama dan negara.
8.        Metode  Pembelajaran di Pondok Pesantren Al - Waridin 
Metode merupakan sarana untuk mempermudah penyampaian materi dari seorang Ustadz kepada siswa. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Al-Waridin menggunakan manhaj kutubul Qodimah / kitab-kitab klasik (kitab kuning) yang menggunakan bahasa jawa dalam pemberian makna dan keterangan materi, dengan kata lain bahwa pondok pesantren Al-Waridin menggunakan sistim tradisional yang kebanyakan system seperti ini  digunakan oleh pondok pesantren  pada umumnya.

Adapaun Metode pembelajaran pondok pesantren Al-Waridin adalah sebagai berikut:

1.     Metode Sorogan
a.       Pengertian
Metode sorogan merupakan kegiatan pembelajaran bagi para santri yang lebih menitik beratkan pada pengembangan kemampuan perseorangan (Individu), dibawah bimbingan seorang ustadz atau kyai.
b.      Teknik Pembelajaran
Pengajian dengan system sorogan ini biasanya diselenggarakan pada ruang tertentu dimana di situ tersedia tempat duduk seorang kyai atau ustadz, kemudian di depannya terdapat bangku pendek untuk meletakkan kitab bagi santri yang menghadap. Santri-santri lain,baik yang mengaji kitab yang sama atau pun berbeda duduk agak jauh sambil mendengarkan apa yang di ajarkan oleh kyai atau ustadz kepada temannya sekaligus mempersiapkan diri menunggu giliran dipanggil.
c.       Evaluasi
Evaluasi adalah cara penilaian yang dilakukan oleh seorang ustadz untuk mengetahui kemampuan santri dalam aspek pengetahuan (kognisi) aspek sikap (afeksi)dan aspek ketrampilan (skill) terhadap materi pembelajaran yang telah diberikannya.
Penilaian dilakukan di samping berguna untuk mengetahui tingkat perkembangan kemampuan penguasaan santri juga berfungsi sebagai umpan balik (feed back) bagi seorang kyai atau uastadz untuk meninjau kembali cara-cara yang dilakukannya berkenaan dengan penggunaansuatu metode pembelajaran tertentu.Karena, keberhasilan pembelajaran kepada para santri amat dutentukan oleh kemampuan belajar santri dan kemampuan membimbing oleh ustadz.

2.     Metode Bandongan
a.       Pengertian
Metode bandongan disebut juga dengan metode wetonan. Pada metode ini berbeda dengan metode sorogan. Metode bandongan dilakukan oleh seorang kyai atau ustadz terhadap sekelompok peserta didik, atau santri, untuk mendengarkan dan menyimak apa yang di bacanya dari sebuah kitab. Seorang kyai atau ustadz dalam hal ini membaca, menerjemahkan, menerangkan dan seringkali mengulas teks-teks kitab berbahasa arab tanpa harokat (gundul). Sementara itu santri dengan memegang kitab yang sama, masing-masing melakukan pendhabitan harokat, pencatatan symbol-simbol kedudukan kata, arti-arti kata langsung dibawah kata yang dmaksud, dengan keterangan-keterangan lain yang dianggap penting dan dapat membantu pemahaman teks. Posisi para santri pada pembelajaran dengan menggunakan metode ini adalah melingkari dan mengelilingi kyai atau ustadz sehingga membentuk halaqoh (lingkaran).
b.      Teknik Pembelajaran
Sebelum dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bandongan, seorang kyai atau ustadz biasanya mempertimbangkan hal-hal berkut :
1.        Jumlah jamaah pengajian adalah para santri yang telah mengusai dengan baik pembelajaran dengan menggunakan metode sorogan. Oleh karena itu, metode bandongan biasanya diselenggarakan untuk para santri yang bukan lagi pemula, melainkan untuk para santri tingkat lanjutan dan tinggi.
2.        Penentuan jenis dan penentuan kitab yang di pelajari biasanya memperhatikan tingkatan kemampuan para santri.
c.       Evaluasi
Untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran diatas, sering kyai/ustadz biasa melakukannya melalui dua macam tes. Pertama, pada setiap tatap muka atau pada tatap muka tertentu. Kedua, pada saat telah dikhatamkankannya pengkajian terhadap suatu kitab tertentu.

3.       Metode Musyawaroh ( Bahtsul Masa’il )
a.    Pengertian 
Metode musyawaroh atau dalam istilah lain bahtsul masa’il merupakan metode pembelajaran yang lebih mirip dengan metode diskusi atau seminar. Beberapa orang santri dengan jumlah tertentu membentuk halaqoh yang dipimpin langsung oleh seorang kyai atau ustadz, atau mungkin juga santri senior, untuk membahas atau mengkaji suatu persoalan yang telah dutentukan sebelumnya.
b.    Teknik pembelajaran
Untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode musyawaroh kyai / ustadz biasanya mempertimbangkan ketentuan - ketentuan berikut :
1. Peserta musyawaroh adalah para santri yang berada pada tingkat menengah atau tinggi.
2 Peserta musyawaroh tidak memiliki perbedaan kemampuan yang mencolok. Ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengurangi kegagalan musyawaroh.
3. Topik atau persoalan (Materi) yang di musyawarohkan biasanya ditentukan terlebih dahulu oleh kyai atau ustadz pada pertemuan sebelumnya.
4. Pada beberapa pesantren yang memiliki santri tingkat tinggi, musyawaroh dapat dilakukan secara terjadwal sebagai latihan untuk para santri.
c.     Evaluasi
Kegiatan penilaan dilakukan oleh seorang ustadz/kyai selama kegiatan musyawaroh berlangsung. Hal-hal yang menjadi perhatiannya adalah kualitas jawaban yang diberikan oleh peserta yang meliputi kelogisan jawaban , ketepatan dan kevalidan referensi yang disebutkan serta bahasa yang disampaikan dapat dengan mudah difahami santri lain, serta kualitas pertanyaan atau sanggahan yang dikemukakan.
4.       Metode Hafalan ( Muhafadzah )
a.     Pengertian
Metode hafalan ialah kegiatan belajar santri dengan cara menghafal suatu teks tertentu dibawah bimbingan dan pengawasan seorang ustadz/kyai. Para santri diberi tugas untuk menghafal bacaan-bacaan dalam jangka waktu tertentu. Hafalan yang dimiliki santri ini kemudian di hafalkan dihadapan ustadz atau kyainya secara periodic atau insidental tergantung kepada petunjuk gurunya tersebut.
b.    Teknik pembelajaran 
Materi pembelajaran di pondok pesantren yang di sajikan dengan menggunakan metode hafalan pada umumnya berkenaan dengan Al-Qur’an, nadzam-nadzam untuk disiplin nahwu, shorof, tajwid, ataupun untuk teks-teks nahwu shorof dan fiqih.
c.     Evaluasi
Untuk mengevaluasi kegiatan belajar para santri menyetorkan pada ustadz / kyai tugas - tugas hafalannya. Jika ia hafal dengan baik, ia diperbolehkan untuk melanjutkan pelajarannya. Sebaliknya jika ia belum berhasil menghafalkan dengan baik, ia diharuskan mengulang lagi sampai lancar untuk disetorkan kembali pada pertemuan yang akan datang.

9.       Keadaan Santri Pondok Pesanteren Al – Waridin

Menurut wawancara dengan pengasuh pondok, santri mempunyai dua pengertian, pertama adalah mereka yang taat menjalankan perintah agama islam, dan kedua adalah santri sebagai orang-orang yang tengah menuntut pendidikan di pesantren. Walaupun kedua pengertian ini berbeda , tetapi jelas keduanya mempunya kesamaan yaitu sama-sama taat dalam menjalankan syarat islam.   Santri di Pondok Pesantren Al-Waridin terbagi menjadi tiga kelompok yaitu:

1. Santri yang khusus menimba ilmu di Pesantren Al-Waridin
2. Santri yang menetap dan merangkap sekolah diluar Pesantren Al-Waridin
3. Santri yang berasal dari sekitar pesantren dan mengikuti setiap aktifitas pengajaran di Pesantren tanpa menetap atau yang biasa disebut santri kalong.
             
Keadaan Santri Pondok Pesantren Al - Waridin pada tahun pelajaran 2012 - 2013 sejumlah 75 Santri, sebagai mana yang tercantum dalam table berikut ini :

Data Santri Putra dan Santri Putri Pondok Pesantren Al - Waridin Tahun Pelajaran 2012 2013
NO
Tingkatan
Putra
Putri
Jumlah
1.
Ula 1
5
8
13
2.
Ula II
4
6
10
3.
Wustho I
10
6
16
4.
Wustho II
8
3
11
5.
Wustho III
6
5
11
6.
Ulya I
3
2
5
7.
Ulya II
3
2
5
8.
Ulya III
4
-
4
Jumlah
43
32
75


10.   Keadaan Sarana dan Prasarana PP. Al – Waridin
    
Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan sebuah lembaga pendidikan. Tanpa dukungan sarana dan prasana yang memadai mustahil sebuah lembaga pendidikan dapat mencapai tujuan. Oleh karena itu sudah seharusnya sarana dan prasarana baik keras dan lunak dilengkapi agar lebih memudahkan dalam mencapai tujuan. Sarana dan prasarana pondok pesantren Al-Waridin dapat dilihat pada Table berikut ini :
No
Sarana Dan Prasana
Jumlah
Keterangan
1.
Masjid

a.       Lantai I
I
Baik

b.      Lantai II
I
Baik
2.
Asrama / Pondok

a.       Kantor
1
Baik

b.      Kamar
17
Baik

c.       Gudang
2
Cukup

d.      Dapur
1
Baik

e.       Kamar Mandi
5
Cukup

f.        Koperasi
1
Baik
3.
Madrasah

a.       Lantai I



-          Kantor
1
Baik

-          Kelas
3
Baik

b.      Lantai II



-          Kelas
4
Baik

-          Aula
1
Baik
4.
Mading
2
Baik
5.
Peralatan Konfeksi
3
Cukup
6.
Tempat Kendaraan
1
Cukup
7.
Komputer
4
Cukup
8.
Perpustakaan
1
Baik
9.
Kantin
2
Baik
10.
Tempat Wudlu
3
Baik
Tips Diet Sederhana untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulitmu

Siapa yang tidak mau untuk memiliki kulit yang sehat, terlihat cantik, segar dan bercahaya. Saat ini aset berharga dari setiap orang adalah kulit, mulai dari kulit wajah, tubuh dan kaki. Setiap inchi dari yang kita miliki mulai dari kepala sampai kaki seakan mempunyai magnet tersendiri untuk memberikan rasa percaya diri dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Ada pandangan bahwa, “kamu adalah apa yang kamu makan”. Apa yang kita makan tentunya akan mempengaruhi berat badan dan kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Terlebih kulit sebagai organ terbesar dari tubuh, perawatan dan nutrisi yang tepat adalah hal yang mutlak diberikan. Supaya tubuh dan kulit bisa selalu sehat dan awet muda, konsumsilah makan ini :


  1. Konsumsi Lemak sehat, Ternyata peradangan atau inflamasi tak hanya membahayakan arteri jantung saja, sebab kulit juga merasakan dampak negatifnya. Dan asam lemak esensial menawarkan perlindungan terhadap keduanya. Nutrisi ini akan membuat membran sel tetap sehat, sehingga dapat menghantarkan nutrisi penting untuk masuk dan membuang yang tidak perlu. Dapatkan lemak sehat dengan mengonsumsi Omega 3 yang banyak terdapat dalam ikan salmon, sarden, kacang kenari, minyak kanola, dan flaxseed. Tambahkan lemak sehat lain dari avokad, dan kacang-kacangan. Plus, mereka sumber vitamin E alami yang baik.
  1. Kurangi konsumsi gula dan mulai teratur mengkonsumsi gandum utuh. Gula akan menempel pada kolagen di kulit, atau disebut dengan glikasi. Ini akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput. Kurangi asupan makanan manis (kue, soda dan permen), dan refined karbo (nasi putih, tepung, pasta, dan kentang). Gantilah dengan menambahkan asupan buah, sayuran serta gandum utuh. Tak hanya menyediakan antioksidan yang memperlambat proses penuaan, asupan ini juga kaya akan serat.
  1. Jangan lupakan asupan protein untuk memanjakan kulitmu. Kulit membutuhkan protein untuk memberikan energi pada sel-sel kulit supaya dapat melakukan proses regenerasi. Jadi, kita membutuhkan asupan protein harian untuk memastikan kulit kita tetap sehat. Pilih daging tanpa lemak, seperti ikan, putih telur, ayam tanpa kulit, dan olahan susu rendah lemak.
  1. Konsumsi air putih 8-10 gelas sehari. Cairan mampu membuat kulit tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hidrasi yang baik juga akan membuat kita berkeringat dengan efisien, hasilnya kulit tetap bersih.
  1. Perbanyak asupan antioksidan. Radikal bebas, seperti paparan sinar matahari, bisa merusak membran sel kulit. Antioksidan dan nutrisi dari beberapa makanan dipercaya bisa melindungi sel plus mencegah terjadinya proses penuaan kulit, seperti :
  • Vitamin C membantu pembentukan kolagen yaitu protein yang membantu kulit tetap kencang dan mengurangi keriput yang terdapat dalam anggur, kiwi, beri-berian, plum, paprika merah, dan brokoli)
  • Beta Karoten berfungsi langsung dalam proses pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh plus melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak yang mudah ditemukan dalam wortel, sayuran hijau, ubi manis, bayam, aprikot, dan paprika hijau
  • Vitamin E berfungsi membantu melindungi membran sel dan berperan sebagai pelindung kulit dari radiasi sinar UV yang merusak jika digabungkan konsumisnya dengan vitamin C, dapatkan dalam kacang-kacangan dan gandum.
  • Selenium mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dengan cara mempertahankan kualitas dan elastisitas kulit, banyak terdapat pada serela dan roti gandum utuh, tuna, dan kacang Brazil.

Beberapa Olahraga yang Menyenangkan, Menyehatkan dan Membakar Kalori Cukup Banyak

Hampir sebagian besar orang jika mendengar nasehat untuk tubuh tetap sehat dan bugar dengan cara rutin berolaraga, respon awal kebanyakan akan diam dan terkesan malas-malasan. Mungkin mind set yang sudah tertanam dalam pikiran kita bahwa olahraga adalah sesuatu yang berat - monoton - membosankan dan melelahkan terlebih jika dilakukan sendirian. Wao..tidak terbayangkan pasti banyak orang yang dengan sigap akan tancap gas untuk menghindarinya.

Mau mencari suasana berolahraga yang berbeda dan lebih menyenangkan? Yuk… Ajak anggota keluarga dan sahabat untuk ikut ‘bergerak’ bersama menikmati kegiatan outdoor sambil bakar lemak.Aktivitas pilihan prevention ini dijamin bisa membuat tubuh bugar, membentuk tubuh, plus membuat seluruh anggota keluarga serta sahabat ikut sehat.

  1. Bermain tenis bersama teman, Kalori yang terbakar per jam : 544 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : langsing, lengan yang seksi, memiliki otot bahu dan punggung yang kuat seperti pemain tenis profesional.
  2. Voli pantai bersama keluarga atau sahabat kamu ditempat favorit, Kalori yang terbakar per jam : 544 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Setiap servis dan smash akan membantu mengencangkan tangan, perut, kaki dan dada.
  3. Berenang, tentunya sudah rame orang khan. Kalori yang terbakar per jam : 476 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Melatih tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya menguatkan dada dan punggung, tapi juga lengan, perut, kaki, serta bahu.
  4. Bersepeda ria, Kalori yang terbakar per jam : 476 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Naiki tanjakan untuk mengencangkan dan menguatkan kaki, pinggul dan bokong.
  5. Sesekali coba  olahraga golf tapi tidak menggunakan jasa caddy, kalori yang terbakar per jam : 306 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Setiap ayunan akan melatih lengan, perut, punggung, dan bahu.
  6. JJS alias jalan-jalan sore alias windows shopping bersama teman. Kalori yang terbakar per jam : 238 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Meski tidak tampak seperti olahraga, berjalan keliling mal akan mengencangkan betis dan bokong. Jadi, pastikan kita memakai alas yang nyaman

Tips Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina

Vagina sebagai orgam intim seorang wanita sangat perlu dijaga dan dirawat agar selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Kondisi vagina yang tidak bersih dan lembab akan menjadi sarang berkembang biaknya jamur dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan organ intim tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan oleh seorang cewe remaja untuk menjaga dan merawat kesehatan vagina, antara lain sebagai berikut:

  1. Gunakan air dan gayung yang bersih sehabis BAK dan BAB. Saat membersihkan vagina terutama sehabis BAB dan BAK dan sedang berada diluar rumah (menggunajan toilet umum), perhatikan penggunaan air dan gayung yang bersih. Basuhlah dari arah depan ke belakang. Jika dari arah sebaliknya malah justru bisa memindahkan bakteri yang banyak bersarang di anus ke wilayah organ reprduksi kita, akibatnya bisa timbul gatal-gatal.
  2. Memilih Celana Dalam yang terbuat dari katun. Sebaiknya pilihlah bahan celana dalam yang terbuat dari katun, selain bahannya adem di kulit, bahan ini mempunyai kemampuan menyerap keringat dengan baik. Bahan lain, misalnya, nilon yang bersifat panas dapat menimbulkan kelembaban berlebihan dan mendorong tumbuhnya jamur serta bakteri patogen di wilayah vagina. Gantilah celana dalam minimal 2 kali dalam sehari, jika Anda tidak mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari maka akan menyebabkan hal yang fatal. Jika mobilitas Anda tinggi,lebih baik anda mengganti celana dalam Anda 3-4 kali dalam sehari agar vagina Anda tidak terlalu lembab.
  3. Hindari menggunakan celana jeans atau underwear ketat terutama saat haid. Vagina mudah berkeringat maka sebaiknya hindari menggunakan underwear dan celana jeans yang ketat terutama saat haid, agar vagina tidak terlalu lembab karena berkeringat. Bila terpaksa harus menggunakan celana ketat usahakan tidak seharian dan selingilah dengan mengenakan pakaian longgar di rumah agar sirkulasi udara maupun darah kembali lancar hingga meminimalkan suburnya jamur di area vagina.
  4. Perhatikan kapan menganti pembalut  dan pantyliner. Gantilah pembalut dan pantyliner sesering mungkin (kurang lebih 2-3 jam sekali) terutama saat haid sedang banyak-banyaknya. Karena pembalut yang terlambat diganti bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Pilihlah pembalut dan pantyliner yang memberikan rasa nayaman dan tidak menimbulkan iritasi pada daerah kulit area vagina.
  5. Waspadai Perilaku masturbasi bisa saja menjadi media yang membawa kuman masuk ke dalam lubang vagina sehingga bisa menyebabkan infeksi tidak hanya divagina akan tetapi bisa menjalar ke serviks dan rahim, terlebih jika media yang digunakan untuk masturbasi terinfeksi virus membahayakan seperti virus pappiloma (penyebab kanker serviks) tentunya bisa mengancam kesehatan pelakunya.
  6. Mencukur rambut vagina (bulu pubis). Bulu pubis atau rambut pada vagina yang terlalu lebat dapat menyebabkan vagina menjadi lembab ketika berkeringat. Bulu pubis yang terlalu lebat bisa menahan keringat di sekitar vagina sehingga dapat menjadi pemicu berkembangbiaknya jamur. Tak perlu mencukur sampai habis, jika memang tidak nyaman, Anda bisa mencukur bulu pubis secukupnya dengan cara digunting.

Tips Simple Merawat Payudara

Payudara merupakan salah satu aset penting bagi sebagian besar wanita. Memiliki bentuk payudara yang indah sudah jadi dambaan setiap kaum hawa.Namun seringkali kita lupa untuk merawatnya. Merawat payudara dapat kita lakukan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh, antara lain:

  1. Siapkan handuk yang sudah direndam air hangat, minyak bulus, kapas basah, masker payudara, air mawar, air hangat, es, dan kapas yang telah dibasahi penyegar.
  2. Mulailah dengan berbaring dalam posisi terlentang, bersihkan payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat.
  3. Usap lembut kulit payudara dengan handuk tersebut, lalu keringkan. Oleskan minyak bulus, lalu pijat-pijatlah payudara dengan lembut selama 10-15 menit.
  4. Bersihkan kembali payudara dengan handuk basah, lalu keringkan.
  5. Tutup puting susu dengan kapas basah. Setelah itu campurkan masker dengan air mawar, kemudian oleskan secara merata pada payudara dengan menggunakan kuas. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker kering.
  6. Selanjutnya bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, lalu kompres dengan es. Tepuk-tepuklah payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Bagi ibu yang menyusui, perawatan payudara dapat dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

  1. Agar bentuk payudara tetap baik, hindarilah hal-hal sebagai berikut: sering berendam dalam air hangat, sering merubah bobot, kekurangan protein, berolah raga tanpa BH, BH terlalu sempit dan kebiasaan membungkuk.
  2. Agar payudara dapat berisi (montok) terutama bagi kaum ibu yang menyusui, lakukan dengan jalan meminum ramuan yang terbuat dari susu panas dan sepotong jahe tua. Caranya garang jahe sebesar ibu jari hingga hangus, kerik bagian yang hitam (arangnya), kemudian gepengkan dan masukkan ke dalam segelas susu hangat. Diamkan selama 1 jam sebelum diminum. Lakukan secara rutin tiap hari selama sebulan.
  3. Abses terjadi akibat infeksi yang terlokalisir dan nanah terkumpul pada satu tempat. Bila terjadi hal seperti ini :Segera pergi ke dokter, dokter akan memberi obat antibiotika. Jika sudah sangat parah, mungkin akan dilakukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah.Selama payudara sebelah sakit, susuilah bayi dengan payudara satunya yang tidak sakit.Pompalah air susu dari payudara yang sakit dan buanglah.
  4. Pakailah BH yang agak kencang untuk menahan payudara dan kompreslah payudara dengan air hangat atau air dingin. Cara ini membantu mengempiskan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Caranya mula-mula kompres dengan botol air hangat, kemudian kompres dengan kantung berisi es. Lakukan bergantian beberapa kali. Keluarkan air susu dengan tangan atau pompa sebelum menyusui agar beban payudara berkurang. Minumlah obat penahan rasa sakit sesuai anjuran dokter.
  5. Bila ibu yang tengah menyusui payudaranya membengkak, kompreslah dengan segenggam daun cabe yang ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit kapur sirih. Lakukan berulang-ulang selama 2 hari.
  6. Untuk menghindari tersumbatnya saluran air susu:Kenakanlah BH yang agak longgar agar saluran air susu tidak tertekan.Susui bayi agak lama supaya payudara kosong. Jika bayi sudah kenyang dan payudara masih penuh dengan air susu, pompalah keluar.Urut perlahan-lahan bagian yang bengkak agar sumbatan dapat terbuka dan air susu lancar. Susuilah bayi dengan merubah posisi. Berikan payudara yang sakit terlebih dahulu, lalu ganti dengan payudara sebelahnya yang sehat.
  7. Wanita yang telah berusia setengah baya kadang-kadang payudaranya mulai mengendor. Agar dapat kencang kembali caranya sebagai berikut: ambil beberapa lembar daun sirih dan olesi minyak kelapa pada permukaannya, lalu panggang diatas api sampai layu (jangan sampai kering). Setelah itu tempelkan di sekeliling payudara selagi hangat-hangat kuku. Bila daun sirih telah dingin, gantilah dengan yang baru. Lakukan setiap ada kesempatan. Beberapa bulan kemudian payudara akan kencang kembali.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk merawat payudaraAnda. Semoga dengan mengikuti tips tersebut, payudara Anda akan tampak kencang dan yang utama adalah selalu dalam kondisi sehat.

Apa sih Dampak Seks Bebas Terhadap Kesehatan

Remaja?

Seks bebas?Apa sih itu? Apakah seks bebas hanya sebatas definisi hubungan seks berganti ganti pasangan saja? Pandangan mengenai apa seks bebas atau free sex itu memang seharusnya sudah diketahui oleh remaja itu sendiri sebelum mengetahui dampak seks bebas terhadap kesehatannya.

Seks bebas atau free sex sebenarnya memiliki definisi yang sederhana yakni perilaku seksual yang dilakukan oleh seseorang bersama orang lain diluar ikatan pernikahan yang telah disahkan secara legal oleh badan hukum negara dan atau badan hukum agama. Perilaku seksual seperti apa saja? Tentunya mulai dari ciuman, oral seks, petting sampai kepada hubungan intim.

Apakah melakukan hubungan seks dengan pacar sendiri dan tidak berganti-ganti pasangan termasuk ke dalam free sex? Jawabannya tentu iya. Free sex tidak hanya ditujukan untuk perilaku dikalangan remaja atau seseorang yang belum menikah, namun dikalangan orang yang sudah menikah dan apabila dia melakukan dengan orang lain selain pasangan suami atau istrinya, itu juga termasuk free sex.

Ada kesan pada remaja mengenai persepsi akan perilaku seksual tadi, diantaranya ada yang berpendapat bahwa hal tersebut menyenangkan, merupakan salah satu puncak rasa kecintaan, bahkan sesuatu yang serba membahagiakan sehingga tidak perlu ditakutkan. Berkembang pula opini bahwa perilaku seksual adalah sesuatu yang menarik dan perlu dicoba (sexpectation). Sedangkan semua itu tidak diimbangi dengan aspek atau norma agama dan sosial terlebih kurangnya informasi yang tepat dan bertanggungjawab perihal dampak buruk seks bebas bagi kesehatan.

Adapun dampak dari free seks bagi kesehatan kita diantaranya adalah:

1. Dampak Fisik
a.       Untuk cewe dibawah usia 17 tahun yang pernah melakukan hubungan seks bebas akan beresiko tinggi terkena kanker serviks.
b.      Beresiko tertular penyakit kelamin dan HIV-AIDS yang bias menyebabkan kemandulan bahkan kematian.
c.       Terjadinya KTD (Kehamilan yang Tidak Diinginkan) hingga tindakan aborsi yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, kanker rahim, cacat permanen bahkan berujung pada kematian.

2. Dampak Psikologis yang seringkali terlupakan ketika melakukan

Free seks atau mengalami dampak fisik akibat free seks diatas adalah akan selalu muncul rasa bersalah, marah, sedih, menyesal, malu, kesepian, tidak punya bantuan, binggung, stress, benci pada diri sendiri, benci pada orang yang terlibat, takut tidak jelas, insomnia
(sulit tidur), kehilangan percaya diri, gangguan makan, kehilangan konsentrasi, depresi, berduka, tidak bisa memaafkan diri sendiri, takut akan hukuman Tuhan, mimpi buruk, merasa hampa, halusinasi, sulit mempertahankan hubungan.

Bagaimana cara untuk menghindari dari pergaulan free seks ini meskipun dengan alasan kata “bukti sayang atau cinta” dan lain-lain? Sebenarnya semua dikembalikan pada individu kita masing-masing. Mencegahnya merupakan suatu hal yang harus bersifat kooperatif dari berbagai aspek seperti remaja itu sendiri - pihak orangtua - sekolah dan lingkungan masyarakat. Semua aspek tadi mesti diimbangi oleh norma agama dan sosial. Jika seseorang telah di bekali ilmu secara agama dan medis mengenai dampak free seks tadi, semua keputusan ditangannya sendiri.

Menolak berarti harus berani dan tegas mengatakan TIDAK terhadap SEKS BEBAS.

 Semoga artikel ini sangat berguna dan bermanfa’at bagi kesehatan para Wanita.

YM CENTER

PENGUNJUNG

Translate

Popular Posts