Monday 3 June 2013

Tips Diet Sederhana untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulitmu

Siapa yang tidak mau untuk memiliki kulit yang sehat, terlihat cantik, segar dan bercahaya. Saat ini aset berharga dari setiap orang adalah kulit, mulai dari kulit wajah, tubuh dan kaki. Setiap inchi dari yang kita miliki mulai dari kepala sampai kaki seakan mempunyai magnet tersendiri untuk memberikan rasa percaya diri dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Ada pandangan bahwa, “kamu adalah apa yang kamu makan”. Apa yang kita makan tentunya akan mempengaruhi berat badan dan kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Terlebih kulit sebagai organ terbesar dari tubuh, perawatan dan nutrisi yang tepat adalah hal yang mutlak diberikan. Supaya tubuh dan kulit bisa selalu sehat dan awet muda, konsumsilah makan ini :


  1. Konsumsi Lemak sehat, Ternyata peradangan atau inflamasi tak hanya membahayakan arteri jantung saja, sebab kulit juga merasakan dampak negatifnya. Dan asam lemak esensial menawarkan perlindungan terhadap keduanya. Nutrisi ini akan membuat membran sel tetap sehat, sehingga dapat menghantarkan nutrisi penting untuk masuk dan membuang yang tidak perlu. Dapatkan lemak sehat dengan mengonsumsi Omega 3 yang banyak terdapat dalam ikan salmon, sarden, kacang kenari, minyak kanola, dan flaxseed. Tambahkan lemak sehat lain dari avokad, dan kacang-kacangan. Plus, mereka sumber vitamin E alami yang baik.
  1. Kurangi konsumsi gula dan mulai teratur mengkonsumsi gandum utuh. Gula akan menempel pada kolagen di kulit, atau disebut dengan glikasi. Ini akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput. Kurangi asupan makanan manis (kue, soda dan permen), dan refined karbo (nasi putih, tepung, pasta, dan kentang). Gantilah dengan menambahkan asupan buah, sayuran serta gandum utuh. Tak hanya menyediakan antioksidan yang memperlambat proses penuaan, asupan ini juga kaya akan serat.
  1. Jangan lupakan asupan protein untuk memanjakan kulitmu. Kulit membutuhkan protein untuk memberikan energi pada sel-sel kulit supaya dapat melakukan proses regenerasi. Jadi, kita membutuhkan asupan protein harian untuk memastikan kulit kita tetap sehat. Pilih daging tanpa lemak, seperti ikan, putih telur, ayam tanpa kulit, dan olahan susu rendah lemak.
  1. Konsumsi air putih 8-10 gelas sehari. Cairan mampu membuat kulit tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hidrasi yang baik juga akan membuat kita berkeringat dengan efisien, hasilnya kulit tetap bersih.
  1. Perbanyak asupan antioksidan. Radikal bebas, seperti paparan sinar matahari, bisa merusak membran sel kulit. Antioksidan dan nutrisi dari beberapa makanan dipercaya bisa melindungi sel plus mencegah terjadinya proses penuaan kulit, seperti :
  • Vitamin C membantu pembentukan kolagen yaitu protein yang membantu kulit tetap kencang dan mengurangi keriput yang terdapat dalam anggur, kiwi, beri-berian, plum, paprika merah, dan brokoli)
  • Beta Karoten berfungsi langsung dalam proses pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh plus melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak yang mudah ditemukan dalam wortel, sayuran hijau, ubi manis, bayam, aprikot, dan paprika hijau
  • Vitamin E berfungsi membantu melindungi membran sel dan berperan sebagai pelindung kulit dari radiasi sinar UV yang merusak jika digabungkan konsumisnya dengan vitamin C, dapatkan dalam kacang-kacangan dan gandum.
  • Selenium mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dengan cara mempertahankan kualitas dan elastisitas kulit, banyak terdapat pada serela dan roti gandum utuh, tuna, dan kacang Brazil.

Beberapa Olahraga yang Menyenangkan, Menyehatkan dan Membakar Kalori Cukup Banyak

Hampir sebagian besar orang jika mendengar nasehat untuk tubuh tetap sehat dan bugar dengan cara rutin berolaraga, respon awal kebanyakan akan diam dan terkesan malas-malasan. Mungkin mind set yang sudah tertanam dalam pikiran kita bahwa olahraga adalah sesuatu yang berat - monoton - membosankan dan melelahkan terlebih jika dilakukan sendirian. Wao..tidak terbayangkan pasti banyak orang yang dengan sigap akan tancap gas untuk menghindarinya.

Mau mencari suasana berolahraga yang berbeda dan lebih menyenangkan? Yuk… Ajak anggota keluarga dan sahabat untuk ikut ‘bergerak’ bersama menikmati kegiatan outdoor sambil bakar lemak.Aktivitas pilihan prevention ini dijamin bisa membuat tubuh bugar, membentuk tubuh, plus membuat seluruh anggota keluarga serta sahabat ikut sehat.

  1. Bermain tenis bersama teman, Kalori yang terbakar per jam : 544 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : langsing, lengan yang seksi, memiliki otot bahu dan punggung yang kuat seperti pemain tenis profesional.
  2. Voli pantai bersama keluarga atau sahabat kamu ditempat favorit, Kalori yang terbakar per jam : 544 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Setiap servis dan smash akan membantu mengencangkan tangan, perut, kaki dan dada.
  3. Berenang, tentunya sudah rame orang khan. Kalori yang terbakar per jam : 476 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Melatih tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya menguatkan dada dan punggung, tapi juga lengan, perut, kaki, serta bahu.
  4. Bersepeda ria, Kalori yang terbakar per jam : 476 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Naiki tanjakan untuk mengencangkan dan menguatkan kaki, pinggul dan bokong.
  5. Sesekali coba  olahraga golf tapi tidak menggunakan jasa caddy, kalori yang terbakar per jam : 306 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Setiap ayunan akan melatih lengan, perut, punggung, dan bahu.
  6. JJS alias jalan-jalan sore alias windows shopping bersama teman. Kalori yang terbakar per jam : 238 (berdasarkan orang berbobot 75 kg). Bonus : Meski tidak tampak seperti olahraga, berjalan keliling mal akan mengencangkan betis dan bokong. Jadi, pastikan kita memakai alas yang nyaman

Tips Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina

Vagina sebagai orgam intim seorang wanita sangat perlu dijaga dan dirawat agar selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Kondisi vagina yang tidak bersih dan lembab akan menjadi sarang berkembang biaknya jamur dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan organ intim tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan oleh seorang cewe remaja untuk menjaga dan merawat kesehatan vagina, antara lain sebagai berikut:

  1. Gunakan air dan gayung yang bersih sehabis BAK dan BAB. Saat membersihkan vagina terutama sehabis BAB dan BAK dan sedang berada diluar rumah (menggunajan toilet umum), perhatikan penggunaan air dan gayung yang bersih. Basuhlah dari arah depan ke belakang. Jika dari arah sebaliknya malah justru bisa memindahkan bakteri yang banyak bersarang di anus ke wilayah organ reprduksi kita, akibatnya bisa timbul gatal-gatal.
  2. Memilih Celana Dalam yang terbuat dari katun. Sebaiknya pilihlah bahan celana dalam yang terbuat dari katun, selain bahannya adem di kulit, bahan ini mempunyai kemampuan menyerap keringat dengan baik. Bahan lain, misalnya, nilon yang bersifat panas dapat menimbulkan kelembaban berlebihan dan mendorong tumbuhnya jamur serta bakteri patogen di wilayah vagina. Gantilah celana dalam minimal 2 kali dalam sehari, jika Anda tidak mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari maka akan menyebabkan hal yang fatal. Jika mobilitas Anda tinggi,lebih baik anda mengganti celana dalam Anda 3-4 kali dalam sehari agar vagina Anda tidak terlalu lembab.
  3. Hindari menggunakan celana jeans atau underwear ketat terutama saat haid. Vagina mudah berkeringat maka sebaiknya hindari menggunakan underwear dan celana jeans yang ketat terutama saat haid, agar vagina tidak terlalu lembab karena berkeringat. Bila terpaksa harus menggunakan celana ketat usahakan tidak seharian dan selingilah dengan mengenakan pakaian longgar di rumah agar sirkulasi udara maupun darah kembali lancar hingga meminimalkan suburnya jamur di area vagina.
  4. Perhatikan kapan menganti pembalut  dan pantyliner. Gantilah pembalut dan pantyliner sesering mungkin (kurang lebih 2-3 jam sekali) terutama saat haid sedang banyak-banyaknya. Karena pembalut yang terlambat diganti bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Pilihlah pembalut dan pantyliner yang memberikan rasa nayaman dan tidak menimbulkan iritasi pada daerah kulit area vagina.
  5. Waspadai Perilaku masturbasi bisa saja menjadi media yang membawa kuman masuk ke dalam lubang vagina sehingga bisa menyebabkan infeksi tidak hanya divagina akan tetapi bisa menjalar ke serviks dan rahim, terlebih jika media yang digunakan untuk masturbasi terinfeksi virus membahayakan seperti virus pappiloma (penyebab kanker serviks) tentunya bisa mengancam kesehatan pelakunya.
  6. Mencukur rambut vagina (bulu pubis). Bulu pubis atau rambut pada vagina yang terlalu lebat dapat menyebabkan vagina menjadi lembab ketika berkeringat. Bulu pubis yang terlalu lebat bisa menahan keringat di sekitar vagina sehingga dapat menjadi pemicu berkembangbiaknya jamur. Tak perlu mencukur sampai habis, jika memang tidak nyaman, Anda bisa mencukur bulu pubis secukupnya dengan cara digunting.

Tips Simple Merawat Payudara

Payudara merupakan salah satu aset penting bagi sebagian besar wanita. Memiliki bentuk payudara yang indah sudah jadi dambaan setiap kaum hawa.Namun seringkali kita lupa untuk merawatnya. Merawat payudara dapat kita lakukan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh, antara lain:

  1. Siapkan handuk yang sudah direndam air hangat, minyak bulus, kapas basah, masker payudara, air mawar, air hangat, es, dan kapas yang telah dibasahi penyegar.
  2. Mulailah dengan berbaring dalam posisi terlentang, bersihkan payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat.
  3. Usap lembut kulit payudara dengan handuk tersebut, lalu keringkan. Oleskan minyak bulus, lalu pijat-pijatlah payudara dengan lembut selama 10-15 menit.
  4. Bersihkan kembali payudara dengan handuk basah, lalu keringkan.
  5. Tutup puting susu dengan kapas basah. Setelah itu campurkan masker dengan air mawar, kemudian oleskan secara merata pada payudara dengan menggunakan kuas. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker kering.
  6. Selanjutnya bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, lalu kompres dengan es. Tepuk-tepuklah payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Bagi ibu yang menyusui, perawatan payudara dapat dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

  1. Agar bentuk payudara tetap baik, hindarilah hal-hal sebagai berikut: sering berendam dalam air hangat, sering merubah bobot, kekurangan protein, berolah raga tanpa BH, BH terlalu sempit dan kebiasaan membungkuk.
  2. Agar payudara dapat berisi (montok) terutama bagi kaum ibu yang menyusui, lakukan dengan jalan meminum ramuan yang terbuat dari susu panas dan sepotong jahe tua. Caranya garang jahe sebesar ibu jari hingga hangus, kerik bagian yang hitam (arangnya), kemudian gepengkan dan masukkan ke dalam segelas susu hangat. Diamkan selama 1 jam sebelum diminum. Lakukan secara rutin tiap hari selama sebulan.
  3. Abses terjadi akibat infeksi yang terlokalisir dan nanah terkumpul pada satu tempat. Bila terjadi hal seperti ini :Segera pergi ke dokter, dokter akan memberi obat antibiotika. Jika sudah sangat parah, mungkin akan dilakukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah.Selama payudara sebelah sakit, susuilah bayi dengan payudara satunya yang tidak sakit.Pompalah air susu dari payudara yang sakit dan buanglah.
  4. Pakailah BH yang agak kencang untuk menahan payudara dan kompreslah payudara dengan air hangat atau air dingin. Cara ini membantu mengempiskan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Caranya mula-mula kompres dengan botol air hangat, kemudian kompres dengan kantung berisi es. Lakukan bergantian beberapa kali. Keluarkan air susu dengan tangan atau pompa sebelum menyusui agar beban payudara berkurang. Minumlah obat penahan rasa sakit sesuai anjuran dokter.
  5. Bila ibu yang tengah menyusui payudaranya membengkak, kompreslah dengan segenggam daun cabe yang ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit kapur sirih. Lakukan berulang-ulang selama 2 hari.
  6. Untuk menghindari tersumbatnya saluran air susu:Kenakanlah BH yang agak longgar agar saluran air susu tidak tertekan.Susui bayi agak lama supaya payudara kosong. Jika bayi sudah kenyang dan payudara masih penuh dengan air susu, pompalah keluar.Urut perlahan-lahan bagian yang bengkak agar sumbatan dapat terbuka dan air susu lancar. Susuilah bayi dengan merubah posisi. Berikan payudara yang sakit terlebih dahulu, lalu ganti dengan payudara sebelahnya yang sehat.
  7. Wanita yang telah berusia setengah baya kadang-kadang payudaranya mulai mengendor. Agar dapat kencang kembali caranya sebagai berikut: ambil beberapa lembar daun sirih dan olesi minyak kelapa pada permukaannya, lalu panggang diatas api sampai layu (jangan sampai kering). Setelah itu tempelkan di sekeliling payudara selagi hangat-hangat kuku. Bila daun sirih telah dingin, gantilah dengan yang baru. Lakukan setiap ada kesempatan. Beberapa bulan kemudian payudara akan kencang kembali.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk merawat payudaraAnda. Semoga dengan mengikuti tips tersebut, payudara Anda akan tampak kencang dan yang utama adalah selalu dalam kondisi sehat.

Apa sih Dampak Seks Bebas Terhadap Kesehatan

Remaja?

Seks bebas?Apa sih itu? Apakah seks bebas hanya sebatas definisi hubungan seks berganti ganti pasangan saja? Pandangan mengenai apa seks bebas atau free sex itu memang seharusnya sudah diketahui oleh remaja itu sendiri sebelum mengetahui dampak seks bebas terhadap kesehatannya.

Seks bebas atau free sex sebenarnya memiliki definisi yang sederhana yakni perilaku seksual yang dilakukan oleh seseorang bersama orang lain diluar ikatan pernikahan yang telah disahkan secara legal oleh badan hukum negara dan atau badan hukum agama. Perilaku seksual seperti apa saja? Tentunya mulai dari ciuman, oral seks, petting sampai kepada hubungan intim.

Apakah melakukan hubungan seks dengan pacar sendiri dan tidak berganti-ganti pasangan termasuk ke dalam free sex? Jawabannya tentu iya. Free sex tidak hanya ditujukan untuk perilaku dikalangan remaja atau seseorang yang belum menikah, namun dikalangan orang yang sudah menikah dan apabila dia melakukan dengan orang lain selain pasangan suami atau istrinya, itu juga termasuk free sex.

Ada kesan pada remaja mengenai persepsi akan perilaku seksual tadi, diantaranya ada yang berpendapat bahwa hal tersebut menyenangkan, merupakan salah satu puncak rasa kecintaan, bahkan sesuatu yang serba membahagiakan sehingga tidak perlu ditakutkan. Berkembang pula opini bahwa perilaku seksual adalah sesuatu yang menarik dan perlu dicoba (sexpectation). Sedangkan semua itu tidak diimbangi dengan aspek atau norma agama dan sosial terlebih kurangnya informasi yang tepat dan bertanggungjawab perihal dampak buruk seks bebas bagi kesehatan.

Adapun dampak dari free seks bagi kesehatan kita diantaranya adalah:

1. Dampak Fisik
a.       Untuk cewe dibawah usia 17 tahun yang pernah melakukan hubungan seks bebas akan beresiko tinggi terkena kanker serviks.
b.      Beresiko tertular penyakit kelamin dan HIV-AIDS yang bias menyebabkan kemandulan bahkan kematian.
c.       Terjadinya KTD (Kehamilan yang Tidak Diinginkan) hingga tindakan aborsi yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, kanker rahim, cacat permanen bahkan berujung pada kematian.

2. Dampak Psikologis yang seringkali terlupakan ketika melakukan

Free seks atau mengalami dampak fisik akibat free seks diatas adalah akan selalu muncul rasa bersalah, marah, sedih, menyesal, malu, kesepian, tidak punya bantuan, binggung, stress, benci pada diri sendiri, benci pada orang yang terlibat, takut tidak jelas, insomnia
(sulit tidur), kehilangan percaya diri, gangguan makan, kehilangan konsentrasi, depresi, berduka, tidak bisa memaafkan diri sendiri, takut akan hukuman Tuhan, mimpi buruk, merasa hampa, halusinasi, sulit mempertahankan hubungan.

Bagaimana cara untuk menghindari dari pergaulan free seks ini meskipun dengan alasan kata “bukti sayang atau cinta” dan lain-lain? Sebenarnya semua dikembalikan pada individu kita masing-masing. Mencegahnya merupakan suatu hal yang harus bersifat kooperatif dari berbagai aspek seperti remaja itu sendiri - pihak orangtua - sekolah dan lingkungan masyarakat. Semua aspek tadi mesti diimbangi oleh norma agama dan sosial. Jika seseorang telah di bekali ilmu secara agama dan medis mengenai dampak free seks tadi, semua keputusan ditangannya sendiri.

Menolak berarti harus berani dan tegas mengatakan TIDAK terhadap SEKS BEBAS.

 Semoga artikel ini sangat berguna dan bermanfa’at bagi kesehatan para Wanita.

0 komentar:

YM CENTER

PENGUNJUNG

Translate

Popular Posts

Blog Archive